Cara menjual asuransi yang baik dan memperbesar kemungkinan untuk closing

Semua orang pasti setuju kalau seorang sales atau pamasar bisa dibilang jago dan master kalau sudah menjual asuransi. Kenapa? Jelas saja menjual asuransi adalah salah satu perkerjaan “terberat” dan “termulia” di alam semesta ini. Kenapa?, menjual asuransi itu membutuhkan mental yang sangat kuat, seorang asuransi yang sukses pasti akan melewati penghinaan dan cercaan saat menjual asuransi. Belum lagi tantangan mental dari dia sendiri yang takul claim dari klien nya tidak dibayar.

Jadi menjadi untuk menjadi seorang agent asuransi yang sukses tidak lah mudah, tetapi tidak sulit asal tau caranya. Ada berbagai buku yang mengajarkan cara-cara berjualan asuransi yang bisa membuat proses bejualan menjadi lebih mudah, dan dari pada beli mendingan baca ini aja ya.

1. Anda harus sadar ada hitungan atau rumus dalam suatu penjualan asuransi, misalnya setelah prospecting 10 orang akan closing 1, sehingga jika anda tau dan sadar dengan proses tersebut anda akan lebih semangat dan terus prospecting pantang menyerah (heheh..), biasanya kalau agent properti 100 prospecting 1 closing, jadi masih lebih mudah jadi agent asuransi ya.

2. Jaga semangat dan ilmu anda, anda bisa mengikuti seminar-seminar motivasi yang dibuat oleh perusahaan asuransi tempat anda bekerja atau pembicara nasional, seperti Tung Desem Waringin, James Gwee dan lain-lain, dan siapapun orangnya, sesemangat apapun kalau terus menerus ditolak, pasti akan jenuh dan bosan juga, jadi anda juga harus belajar cara jualan yang baik dan benar dari yang terbaik di bidang anda. Bisa leader-leader anda, atau agent-agent terbaik di perusahaan anda. Sehingga probabilitas keberhasilan akan semakin besa.

3. Mintalah refrensi dari klien-klien anda, dan minta tolong kepada klien anda untuk memberi tau teman-teman mereka kalau asuransi itu penting dan minta supaya klien anda menceritakan kredibilitas dari perusahaan anda. Mayoritas orang akan lebih percaya pada temannya dari pada orang asing yang tiba-tiba menawarkan asuransi kepadanya.

4. Saat kedatangan pertama anda jangan langsung menawarkan asuransi, usahakan untuk menjadi teman dan membina hubungan dahulu dengan prospect anda. Karena seperti yang tadi saya katakan, mayoritas orang akan lebih terbuka dan lebih senang berbicara kepada temannya dari pada kepada agent asuransi yang tiba-tiba datang untuk menawarkan asuransi.

5. Agent asuransi banyak di Indonesia, selalu fokus memberikan nilai tambah agar anda dinilai berbeda dari pada yang lain. Bisa anda lakukan dengan membuat website yang memberikan informasi seluruh seluk-beluk tentang asuransi anda, sehingga jika nasabah anda butuh informasi yang cepat tentang cara claim dan lain-lain, mereka bisa langsung akses secara cepat ke website pribadi anda. Bisa juga anda lakukan dengan datang berdua dan menawarkan jasa doubel agent, sehingga jika nanti nasabah butuh bantuan anda segera dan anda benar-benar sedang sibuk nasabah anda bisa menghubungi agent yang satunya lagi. Sehingga anda bisa menjamin layanan untuk nasabah anda,

6. Jangan datang untuk merampas uang mereka, datanglah untuk membantu masalah mereka, coba diskusikan dan gali masalah-masalah keuangan dan kesehatan serta masa depan prospect anda, kemudian tawarkan bantuan untuk mereka, sekali lagi tawarkan bantuan, sehingga mereka akan senang karena merasa dibantu dan anda sendiri tidak akan meresa terlalu kecewa jika penawaran ini gagal, kan anda yang mau membantu, jika dia tidak mau dibantu ya cari yang lain yang mau dibantu.

7. Pahami seluruh materi dan product knowledge dari perusahaan anda, sehingga jika ada prospect anda yang bertanya sesuatu anda dapat menjawab dengan mantap dan dapat menghilangkan keraguan dari prospect anda.

8. Mayoritas prospect akan menanyakan tentang cara claim, ini persoalan yang paling krusial, jadi anda harus dapat membuktikan dan meyakinkan prospect kalau perusahaan anda menjamin claim akan dibayarkan dan proses claim pun tidak akan berlibet-libet.

9. Beritahu semua hal-hal yang penting, termasuk dokumen-dokumen untuk claim, sehingga mereka tidak akan merasa bingung saat nanti akan mengajukan claim dan dapat menghilangkan keraguan mereka tentang perusahaan asuransi.

10. Beritahu mereka kenapa harus beli asuransi sekarang bukan nanti, bukan ketika sudah sakit, beritu apa keuntungan jika ambil sekarang dan kerugian jika tidak ambil sekarang.

11. Jika anda masih melihat keraguan dari prospect anda, anda bisa menanyakan satu pertanyaan yang sangat powerfull, yaitu “supaya anda mau syaratnya apa?” asalkan masuk akal dan anda dapat anda kabulkan silahkan penuhi permintaan dan calon nasabah anda.

12. Jumlah penduduk indonesia lebih dari 170 juta jiwa yang telah memiliki KTP jadi kalau satu orang gagal, masih banyak yang lain ya.

13. Pernah nonton film kungfu panda? Jika belum saya sangat sarankan anda untuk menonton film ini, kenapa karena ada suatu pesan yang sangat dahsyat didalam film ini. Yaitu “The Secret is no secret”, wowww.. ya, rahasianya adalah tidak ada rahasia anda bisa memulai menjual asuransi dengan style anda, dengan gaya anda, dengan ilmu yang berbeda beda. Trus mencoba dan dapatkan gaya mana yang paling bisa memperbesar kemungkinan closing dari prospecting anda.

Comments

  1. says

    Salam Kenal..Saya agent PRUDENTIAL..mampir juga dong ke blog aq
    Anda bilang anda pernah jadi Agen Asuransi..berarti sekarang sudah bukan agent atau gimana? sebelumnya di Asruansi mana..
    Salam sukses selalu

  2. Ocha says

    Wah senangnya bisa berbagi cerita dengan rekan – rekan yang se-profesi.
    hmmm, intinya menjadi agen asuransi menjadi suatu kebanggaan.Karena, di samping dapat memposisikan diri sebagai seorang Financial Planer sekaligus bisa membantu orang lain juga ( Nasabah ) dalam mempertahankan aset berharga mereka .. ( Jiwa )

    Well, Maksum dan Iyom, salam kenal yah.

    • says

      ya..
      saya juga senang bisa kenal dengan anda :)
      Sebagai agent kita harus niat buat membantu orang bukan untuk mencari uang mereka, kalau niat udah mantap, hasilnya pun mantap :)
      sukses ya ocha!!

  3. Dedy says

    Sangat bagus dan bermanfaat artikel anda, saya hanya menambahi saja untuk jual asuransi yg harus diperhatikan : 1. produknya bagus dan 2. Niatnya Nolong orang.
    Saya sudah perbandingkan dengan seksama dan teliti dgn beberapa perusahaan asuransi besar yaitu dengan cara bedah polis, yg meliputi manfaatnya dan, biaya2nya,dll…Maka jatuhlah pilihan saya kepada Allianz untuk jadi agen dan nasabah.

  4. says

    Saya agen dari BNI Life. Artikel bagus dan menarik… bagus buat motivasi seorang agen asuransi. saya juga pernah down saat nawarin produk asuransi tapi saya punya prinsip (mungkin berguna juga buat yg laennya) ” Apa yang saya kerjakan hari ini akan saya panen esok hari, jadi saya harus memiliki prestasi hari ini “. Saya akui, sangat susah mengawali karir di bidang asuransi. jadi buat agen2 yg baru atau yg sudah jadi agen.. jangan menyerah yah.. :)

  5. reni says

    Saya agen pemula, yg sdg semangat-2nya…saya ingin tanya bagaimana mekanisme presentasi menjual polis pada instansi / perusahaan ? terimakasih

  6. Rizki says

    Salam kenal mas MaksumPriangga…
    Saya sangat terbantu dngan artikel yang mas buat….
    krena saya agen asuransi Alisya yang baru…
    bnyak hlangan yg sya hdapi, wlau proses mnwarkan ini aga sulit..namun sya yakin..dengan belajar, bertanya, dan mempraktekan serta berlatih terus…pasti bisa closing…
    Lanjutkan….heheh :thumbup :toast

  7. mahendra says

    salam kenal pak maksum..saya juga agent Prudential, dan skrarang sy juga sedang skripsi, tetapi saya tetap Fight utk capai target. adakalanya sy jadi memikirkan skripsi sy ketika prospek..hehehe..bagaimana menurut pak maksum agar kita bisa memanajemen waktu keduanya? dan bagaimana cara kerja pak maksum dulu ketika aktif jd agent.
    terima kasih..

  8. says

    salam persahabatan pak, saya lihat artikel Bapak bagus banget…. mohon ijin untuk diposting (copas) di blog saya pak….. saya yakin pengetahuan ini diperlukan juga oleh saya dan teman-teman lainnya… tks ya pak. tks atas share Bapak…. semoga keakraban ini selalu terjaga. Sekalian jika Bapak ada waktu sudilah untuk melihat-lihat blog saya yang cukup sederhana. tks lagi…. oo iya blog saya url

  9. says

    wah saatnya kita berasuransi nih, ada enggak asuransi murni untuk dana pensiun tanpa embel embel asuransi jiwa??

  10. lina says

    kalo saya mau jadi agen gimana caranya. untuk tambahan penghasilan.
    saya kerja di sudirman jakarta selatan.
    tks

    • Maksum Priangga says

      di sudirman banyak perusahaan asuransi mba, tinggal dateng dan isi formulir

  11. says

    Salam kenal ya mas Maksum bagus sekali artikelnya , orang memang sering meremehkan AGEN ASURANSI ya,mudah2 an orang 2 yang membaca artikel ini menjadi lebih paham , kalo kita juga bekerja mencari uang sama dengan mereka2 yang duduk dibelakng meja …mampir juga ya ke blog saya dan mohon commentnya di blog saya terimakasih

  12. barry says

    Artikel nya sangat menginspirasi saya sbg agent Pru agar semangatnya berkali kali lipat.
    Makasih mas Priangga info nya ill

  13. christo says

    terimakasih sekali attas artikelnya sangat membantu bagi saya yang baru memulai terjun di marketing asuransi prudential…kalau ada info yang inspiratif tentang kiat2 penjualan yang lebih jitu saya mohon kirim ke alamat email saya..
    Terimakasih banyak

  14. maman solihin says

    Assalaamu’alaikum pak, perkenalkan sy maman dari bandung,sekarang ini sy lagi memulai menjadi agen asuransi juga di prudential,kurang lebih sy udah 2bln menjalani pekerjaan ini tp blm dapat closing juga, padahal udah banyak yg sy prospek. setelah baca blog bapa sekarang sy tahu dimana kesalahan saya,terimakasih banyak pak

  15. titi says

    duh mksh pak share nya..sy juga agent asurnsi tp masih baru dan semngatku sering naik turun,tp bnyak turunnya.gimana y buat agar semngat tetep menyala.n gak pemalu

  16. says

    Terimakasih, sebagai seorang pemula dalam dunia agen asuransi, saya menjadi tercerahkan dengan tulisan anda..

  17. joko prihantoro says

    terima kasih mas kita sama2 satu agency saya baru join 2 bln masih perlu banyak belajar, minta sarannya dong agar kuat malu dan mental baja…trims

  18. danton says

    dear,
    saya ingin ikut asuransi prudential. ada sales yang bisa saya hubungin?
    saya mau ambil single professional. kantor di pondok indah.
    terimakasih

  19. azhar abdullah says

    terima kasih, artikelnya bagus membuat saya termotivasi lagi, saya baru 1 minggu join menjadi agent Prudential..

    walaupun beda produk tapi punya tujuan yang sama yaitu menyadarkan orang betapa pentingnya asuransi

    tetap semangat!!

  20. Rova A. says

    Trimakasih Pak Maksum Priangga atas artikelnya..Saya agent Prudential dan sangat terbantu dengan tulisan Bapak. Salam Sukses Luar Biasa! :)

  21. elfa says

    thx yah info ny,,,,
    aq jg pemula, agen Asuransi ACE Life, Swiss pny,asuransi tu enk, qt bs knl ma bnyk org,,,
    hheeee,,,

  22. andy budi setiawan says

    saya baru masuk per asuransi prudential di karet,,
    dan pekerjaan saya menjasdi personal asst..
    bagaimana ya caranya mendapatkan agen,,,
    dan bagaimana cara memperoleh no2 yang bisa kita hubingi,,,, bagaimana caranya ??
    mohon bantuannya soalnya saya masih kuliah juga
    terimakash

  23. ekokunyanto says

    saat ini saya bergabung di agent alliaz,cuma belum cukup ilmu untuk prospek nasabah,ada yang mau bebagi kah

  24. pru leak barak says

    Tips buat anda bagi agen asuransi klw mw banyak punya nasabah,lakukan ATM
    # Aktivitas
    # Training
    # Meeting
    Serta hindari yang namanya 3M,yakni:
    # Malas
    # Malu
    # Menunda
    Saya yakin anda pasti bisa!!!

  25. Andrew says

    Setuju Pak!!!
    saya sdh bergabung di Pruden sejak desember 2011 lalu namun hingga skrg saya msh blm ada closingan, kata org² di sekitar saya (temen,saudara, bahkan ortu) saya tdk bakat dlm hal sales atau penjualan, tapi satu hal yg saya mau buktikan ke mereka adalah “nggak ada yang nggak bisa!” asal AKU MAU!
    kira² kalau menurut Pak Maksum sendiri hal² apakah tg hrs saya penuhi jikalau background saya bukanlah seorg pemasar dan karakter saya cenderung pendiam (introvert).
    saya sdh coba utk kanvasing di RS tp wkt saya mau memulai utk say Hi rasanya berat bgt gitu Pak, maklum lah saya nggak pernah kerja spt ini sblmny.
    Mohon bimbinganya, Terima Kasih

  26. Dwi Dini Pertiwi says

    Setuju dng Andrew,
    Sy pun baru 2 minggu ini jd agent, kode agent sy blm kluar, tp sy udh cb tuk cari nasabah, sjauh ini baru cb twrakan k teman n sdra dkat, tp blm ada satu pun closingan, tuk maju lbh lnjut ilmu sy d asuransi msh minim bgt, dan ini bnr2 dunia baru buat sy, tambah lg sy kurang bs marketing… jualan, campur aduk perasaan malu,gengsi,ga pede,pesimis dll…minta bimbingannya,,,thank you

  27. and_1 AIA says

    selamat bergabung di dunai asuransi, saya and_1 saya juga baru gabung di AIAF 2 minggu hingga saat ini saya blum juga closing,, sabar dan terus berusaha itu salah satu klo kita mau berhasil…..tetap semangat ya teman2…blog nya cukup bermanfaat buat kita teman2 seperjuangan,,,,, mohon terus di infokan gmana menjadi motifasi buat menjadi agen asuransi yang tetap semangat untuk suatu tujuan yang mulia ini…

  28. bejok says

    Yg ini neh yg dicari2…mkash mas tips nya…tapi yg terpenting adlah,kejujuran,niat yg tulus membantu orang,strus klo mau jd agent yg sukses, yakinlah produk yg kita tawarkan adlah yg terbaik,dan yakinkan jg bahwa diri kita ini agent yg terbaik….ayo kita sukses bersama2…karna orang lain gak berhak hancurin hidup kita….kita sukses, bnyak beramal krna membantu orang,insya Allah di Ridhoi…aminnn….